Posted by : Nin Srut Sunday, June 20, 2021

Keberadaan laptop dianggap lebih praktis dibandingkan komputer meja karena dapat dibawa kemana mana. Salah satu merek laptop yang sangat terkenal adalah Toshiba. Meskipun berada di peringkat teratas, yang namanya perangkat elektronik juga bisa mengalami gangguan, contohnya mati total. Tahukah anda apa pemicu laptop toshiba mati total? Berikut infonya!

 

Penyebab Laptop Mati Total
1. Ada Masalah Pada Processor
Tidak berlebihan jika orang orang mengatakan bahwa processor adalah otak dari sebuah perangkat. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini maka laptop akan kehilangan kontrol. Berbagai komponen juga menjadi tidak berfungsi karena tidak ada perangkat yang memberikan perintah untuk bekerja. Alhasil, laptop bisa saja tidak menyala atau mati total.


Lantas apa yang menjadi penyebab processor rusak? Salah satunya adalah overheating. Penyebab overheating ini juga sangat beragam, bisa karena pasta processor yang kering atau heatsink processor yang kotor. Untuk mengatasi masalah ini, anda tidak perlu bingung. Bawa saja perangkat tersebut ke tukang service dan minta mereka untuk membenahinya.


2. Baterai Laptop Bermasalah
Tidak seperti komputer meja, laptop dapat menyala dengan menggunakan bantuan baterai. Apabila terjadi masalah pada baterainya, maka laptop Toshiba akan mati total. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah menyambungkan kabel pengisi dayanya ke stop kontak. Siapa tau baterai sedang dalam kondisi habis. 


Saat sudah terpasang, coba lihat apakah indikator pengisian baterainya nyala atau tidak. Jika menyala, coba tunggu beberapa saat hingga baterai penuh. Akan tetapi, jika laptop masih tidak mau menyala maka kemungkinan ada kerusakan pada baterai atau konektor baterai sehingga diperlukan perbaikan khusus. 


3. Ada Masalah Pada Power
Gangguan ketiga yang bisa mengakibatkan laptop mati total adalah masalah di bagian power. Cobalah untuk memeriksa soket DC apabila lampu indikatornya mati. Jika soketnya rusak maka listrik tidak dapat mengalir dengan baik ke setiap komponen laptop. Kondisi ini menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat memberikan respon apapun.


Ngomong ngomong soal soket, bagian ini kerap kali longgar. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan melepas dan memasang kembali jack adaptor. Apabila masalahnya bukan di soket laptop Toshiba, maka kemungkinan kerusakan ada di bagian komponen power yang lain. kondisi ini dapat dipicu banyak hal, salah satunya listrik yang tidak stabil.


4. Ada Masalah Pada RAM
RAM memiliki fungsi penting dalam sebuah laptop. Komponen ini menjadi tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang sedang dioperasikan di dalam perangkat tersebut. Terjadinya kerusakan di RAM menyebabkan proses pengolahan data menjadi gagal sehingga tampilan layar akan menjadi blank atau hitam. 


Untuk mengetahui apakah RAM masih berfungsi dengan baik, anda bisa lepas komponen tersebut dan memasukkannya ke dalam port yang berbeda. Tentu percobaan ini hanya bisa dilakukan jika laptop anda memiliki dua soket RAM di bagian mainboardnya. Jika anda bingung, coba saja hubungi jasa service laptop agar permasalahan bisa cepat teratasi. 


5. Gangguan di Bagian Mainboard Laptop
Apabila anda sudah memeriksa semua komponen laptop Toshiba yang telah disebutkan tadi, maka langkah selanjutnya adalah periksalah mainboardnya. Bisa saja layar yang mati disebabkan oleh kerusakan di bagian ini. Untuk memeriksanya, anda harus melepas komponen hardisk, DVD, Wifi Card, dan lain sebagaianya yang melekat di sana.


Ulasan yang tadi telah disebutkan tadi diharapkan dapat membantu anda yang laptopnya sedang  mati total. Meskipun tidak dapat membenahinya sendiri, setidaknya anda tahu kira kira apa yang menjadi penyebab gangguan ini muncul. Dengan begitu anda bisa lebih berhati hati agar kejadian ini tidak terulang kembali.

- Copyright © Privadostl - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -