Posted by : Nin Srut Friday, March 15, 2019


Bagi ibu hamil nutrisi menjadi faktor penting yang mendukung kesehatan ibu dan calon bayi. Apabila nutrisi yang di konsumsi selama masa kehamilan kurang, mengakibatkan risiko gangguan terhadap janin. Saat hamil, anda harus berhati-hati ketika memilih asupan makanan yang akan dikonsumsi, baik nasi, sayur, susu dan buah haruslah seimbang. Salah satu buah yang telah diteliti dan sudah terbukti ampuh adalah manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Dengan mengkonsumsi alpukat yang cukup dengan cara yang benar, tentu bisa mendapat manfaat alpukat yang maksimal. Nah, jika anda belum mengetahui beragam manfaatnya, jangan khawatir. Berikut ini manfaat alpukat untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Ini dia manfaat alpukat untuk ibu hamil yang harus anda tahu
1. Penyerapan nutrisi yang meningkat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selain dapat memberikan banyak vitamin ternyata juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat membuat meningkatnya penyerapan karotenoid di dalam tubuh. Karotenoid sendiri berasal dari vitamin A yang ada di dalam buah alpukat. Karotenoid berfungsi mencegah janin terkena penyakit.

2. Dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Salah satu manfaat alpukat untuk ibu hamil juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan juga mampu menurunkan risiko kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tentang diet makanan, alpukat memberikan hasil yang sangat signifikan dalam menurunkan kolesterol (LDL) sebanyak 17% dan kolesterol baik meningkat menjadi 11%. Dari penelitian yang lain menunjukkan bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan sakit jantung, sehingga dengan mengkonsumsi alpukat dapat mencegahnya. Pada kadar gula dan insulin akan direspon dengan lebih ditekan yang menyebabkan rasa kenyang diperoleh dari alpukat.

3. Mencegah peradangan pencernaan pada ibu hamil.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah dapat mencegah peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam likopen dan beta karoten yang merupakan nutrisi penting. Hal ini merupakan enzim dari buah alpukat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4. Membantu meningkatkan fungsi pencernaan

Dalam masa kehamilan terutama di usia kandungan 9 bulan seorang ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah buahnya memiliki banyak serat karena tiap tubuh pasti memerlukan serat untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, alpukat juga dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

5. Kaya akan vitamin E

Vitamin E dalam hal ini dapat menghasilkan hormon prolaktin. Jika seorang ibu hamil kekurangan hormon ini maka dapat menyebabkan pengaruh buruk terhadap kondisi emosional dan selain sangat berperan dalam metabolisme, Vitamin E akan memberikan nutrisi yang baik untuk bayi. Selain itu, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga dapat sebagai anti penuaan.

6. Dapat mencegah risiko komplikasi

Selama masa kehamilan seorang ibu dihadapkan dengan kondisi yang sering mengalami kelelahan, asam folat di ketahui zat yang alami untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang secara mendadak dan preeklamsia. Preklamsia merupakan tekanan darah tinggi pada ibu hamil, dan menjadi penyebab kematian yang tinggi pada bayi, yang disebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi sebanyak 5-8% pada kehamilan. Manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah dapat mencegah risiko komplikasi itu terjadi.

Itulah tadi beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil yang harus anda tahu. Buah alpukat tentu saja akan sangat bermanfaat jika dikonsumsi dengan cara yang benar yaitu sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan juga anda pun harus mengonsumsinya secara teratur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat menambah pengetahuan anda.

- Copyright © Privadostl - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -